blog-img
30/11/2018

Sejahterakan Nelayan dan Petani Ada Dua Solusi

Bangun Banua | Pemberdayaan Masyarakat

Sebagai anggota DPRD Berau, Subroto berkeinginan untuk menyejahterakan masyarakat Berau, termasuk para nelayan. Menurutnya ada dua solusi, harga jual dan akses yang bagus.

Pertama, nelayan akan lebih sejahtera jika mereka mendapatkan harga jual yang bagus.

"Sebenarnya bagaimana nelayan-nelayan di Berau bisa mendapatkan harga jual yang baik di sini kan komoditasnya perikanan. Ada cumi, ada ikan, dan lainnya, seperti itu," katanya.

Lalu solusi yang kedua menurut Subroto adalah akses yang bagus. Askes tersebut dalam artian transportasi menuju ke daerah pantai nelayan ini ditingkatkan, mengingat lokasinya yang cukup dalam dari pusat kota Tanjung Redeb.

"Kemudian yang kedua bagaimana transportasi menuju ke Kota tanjung Redeb dimudahkan. Mungkin diantaranya nanti apakah jalan akan ditingkatkan seperti itu. Sehingga akses akan lebih baik seperti itu. Mengingat akses jalan mulai dari Kampung lenggo sampai Sambaliung bisa dibilang rusaknya 80 persen" tuturnya.

Dalam hal ini, lanjut Subroto, dibutuhkan peran pemerintah setempat dan juga masyarakat agar kesejahteraan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan maupun petani dapat meningkat dari yang sekarang.

"Ya tentu pemerintah punya peran penting di sini dan jangan lupa, masyarakat juga harus bantu pemerintah dalam usaha untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, dengan cara berbagai pengetahuan sesama nelayan maupun petani " pintanya.

Sebeb menurut politisi Parai Golkar ini, dalam hal ini masyarakat juga punya rasa tangung jawab terhadap sesama profesi. Sehingga tidak selalau berharap uluran tangan pemerintah. “ Kalau selalu berharap uluran tangan dari pemerintah, ini akan memperlambat pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat sendiri. Karena itru masyarakat juga harus belajar mandiri,” Pungkasnya.

Bagikan Ke:

Populer