blog-img
02/12/2018

Pembangunan Ekonomi Harus Didukung SDM Berkualitas

Bangun Banua | Sumber Daya Manusia

Dari berbagai faktor yang dapat membantu pembangunan ekonomi di suatu daerah, Sumber Daya Manusia (SDM) jadi salah satu yang paling penting. Oleh karena itu, meningkatkan SDM yang berkualitas sangat dibutuhakan mendukung kemajuan daerah.

Dalam pembangunan ekonomi memerlukan peran dari SDM, namun tentu SDM dengan kulitas dan keterampilan yang apik.

"SDM merupakan salah satu faktor kunci dalam pembangunan ekonomi, sehingga perlu untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan yang berdaya saing tinggi dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif," kata Wakil Ketua II DPRD Berau, Abdul Waris S.sos.

Meski faktor pendukung lainnya dalam mengembangkan ekonomi sudah mencukupi, kata Waris, percuma jika tidak disokong oleh SDM yang berkualitas.

Untuk itu, ia menyebut sudah sepantasnya dan seharusnya diperhatikan keberlangsungannya.

"Walaupun didukung dengan sarana dan prasarana serta sumber dana yang cukup, tetapi tanpa dukungan SDM yang handal kegiatan pembangunan di Berau tidak akan terlaksana dengan baik," katanya.

"Hal ini menunjukkan bahwa SDM merupakan kunci pokok yang perlu diperhatikan dengan segala kebutuhannya," tambahnya.

Lebih lanjut Waris mengatakan, meski tingkat daya beli masyarakat Berau masih cukup baik, namun beda halnya dengan masalah SDM.

Jika tidak dihalangi dan dibiarkan begitu saja, maka masalah tersebut bisa menjalar ke mana-mana.

Termasuk dalam hal daya saing SDM Indonesia dengan negara lain. "The Boston Consulting Group (BCG) melihat Indonesia kekurangan tenaga kerja yang berkualitas, termasuk Berau. Jika tidak diatasi segera, lembaga ini memprediksi selisih permintaan dan penawaran akan tenaga kerja bakal melebar," Ungkapnya.

Untuk itu politisi Partai Demokrtat ini mengajak kepada semua pihak, untuk bersama – sama meningkatkan SDM di Bumi Batiwakkal, agar pembangunan di Kabupaten Berau semakin maksimal. Harapnya.

Bagikan Ke:

Populer