blog-img
11/07/2019

Konten Harus Layak Ditonton Semua Usia

Bangun Banua | Hiburan

Tanjung Redeb –

Selain harus menyiarkan konten berisi pendidikan khususnya pendidikan agama, wisata dan kebudayaan, juga harus ada chanel lokal yang berisi perkembangan daerah. Ini tentunya bisa menjadi informasi bagi masyarakat terkait sudah sejauh mana progres Kabupaten dan Kota yang mereka tempati. Untuk itu, konten yang disajikan juga harus mempertimbangkan usia penonton.

Hal ini dungkapkan  Rudi P Mangunsong dari fraksi Bulan Bintang Perjuangan, ketika membacakan pandangan akhir fraksi pada pengesahan 5 Raperda di paripurna Senin (8/7) lalu.

Ya, pembentukan lembaga penyiaran publik lokal radio siaran pemerintah daerah Kabupaten Berau, pembentukan lembaga penyiaran publik lokal Berau televisi, adalah salah satu Raperda yang juga disahkan pada paripurna senin kemarin. Untuk itu, kedelapan fraksi yang ada pun memberikan persetujuan dan beberapa catatan terkait Perda tersebut, seperti yang sudah diungkapkan oleh Rudi Mangunsong.

Kemajuan teknologi di jaman milenial inilah yang dianggap sangat memberikan pengaruh di masyarakat. Karenanya, siaran radio dan TV pun harus mengikuti perkembangan yang ada. Salah satunya dengan memberikan siaran bersifat mengedukasi masyarakat khususnya kaum remaja dan anak-anak yang notabene lebih sering mendengarakan radio dan menonton TV. Ini juga dianggap akan bisa mengurangi adanya sebaran berita-berita bersifat hoax.

Sedangkan untuk media radio, dianggap sebagai media yang paling portable dan bisa dibawa dan didengarkan dimana saja. Sehingga untuk konten yang dibawakan oleh penyiar radio haruslah juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat layaknya televisi meskipun hanya sebatas suara.

“Kan bisa dibawa  kemana saja, bisa didengarkan kapanpun dimanapun, jadi radio ini bisa jadi salah satu media yang efektif dalam penyebaran berita, baik berita nasional maupun berita lokal seputar perkembangan daerah sendiri, sehingga masyarakat juga mengetahui apa-apa saja yang sudah dilakukan oleh Pemkab Berau dan capaian apa saja yang sudah diraih,” terang Syalidar dari fraksi PAN dan Jasmine Hambali dari fraksi PKS.

Sedangkan dari fraksi Gerindra yang dibacakan oleh Eli Esar Kombong, dengan adamnya Perda penyiaran ini maka badan penyiaran harus melaksanakan tugasnya sebagai pengawasan dan kewajibannya memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Khususnya anak-anak. Jadi untuk isi siaran harus disaring, dan program-programnya juga harus layak ditonton semua usia bahkan untuk anak-anak. Ini karena efek negatif maupun positif yang dicopy oleh anak-anak kebanyakan berasal dari tontonan televisi yang mereka lihat,” tegasnya.

Dan untuk itulah perlunya juga mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidangnya dan juga penguatan sarana dan prasarana sendiri agar apa yang disiarkan bisa maksimal dana menjangkau seluruh daerah di Berau, bahkan hingga ke pedalaman.(bangun banua)

Bagikan Ke:

Populer