blog-img
05/12/2018

Ditinjau Ulang Retribusi Parkir RSUD Abdul Rivai

Bangun Banua | Kesehatan

TANJUNG REDEB

Fraksi Partai Demokrat sangat mendukung segala upaya untuk peningkatan Pendapatan Asli daerah (PAD) dan juga mengapresiasi segala usaha yang dilakukan pemerintah selama ini untuk kemajuan Berau. Untuk itu, dalam penyampaian pandangan akhir fraksi dalam paripurna beberapa waktu lalu, fraksi partai ini membacakan 3 poin catatan yang diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan pemerintah daerah Berau, terutama untuk masalah sistem retribusi parkir RSUD Abdul Rivai yang baru.

Rustan juru bicara Demokrat dalam rapat paripurna Pendapat akhir fraksi dalam pengesahan Perda APBD 2019  , menyampaikan  adanya sistem retribusi parkir baru yang diterapkan RSUDAR cukup memberatkan masyarakat. Ini karena, setiap kendaraan yang masuk ke area RSUD harus membayar biaya parkir sebesar 2 ribu.

“Yang dikeluhkan masyarakat khususnya ya keluarga pasien. Karena mereka kan bisa saja berulang kali keluar masuk rumah sakit, entah untuk membeli makanan atau mengambil barang milik pasien sehingga harus membuat beberapa kali keluar masuk rumah sakit, yang otomatis harus membayar juga 2 hingga 3 kali retribusi parkir. Jadi kalau bisa ini ditinjau ulang,” jelasnya.

Selain itu, untuk program prioritas yakni perlu adanya pemungutan pajak untuk sarang burung walet rumahan. Tetapi, tak bisa dipungkiri juga jika masalah ini cukup sulit lantaran untuk data validnya saja tidak diketahui dengan pasti. Bagaimana bisa memungut pajaknya jika seperti itu.

“Yang ada di hutan Kalimantan saja tidak jelas dan tidak ada juga data valid berapa jumlah sarang waletnya, siapa pemiliknya, berapa pemasukan dan penyetorannya ke Pemda itu tidak jelas. Jadi perlu adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk pendirian bangunannya dan tata pengelolaannya,” tambahnya.

Dan poin terakhir yang disampaikan dari fraksi ini adalah sesegera mungkin pemerintah daerah memberikan legilasi kepada resort yang ada di daerah wisata seperti di Pulau Derawan dan Maratua, agar bisa memberikan kontribusi ke pemerintah daerah secara maksimal juga.

Bagikan Ke:

Populer