blog-img
07/11/2018

Dewan Sarankan RSUDAR Buka Layanan Kesehatan Secara Online

Bangun Banua | Kesehatan

Keluhan pasien yang ingin daftar berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Rivai (RSUDAR) Tanjung Redeb, lantaran selalu terjadi antrian panjang di loket pendaftaran, anggota DPRD Berau menyarankan pihak rumah sakit mengunakan website pendaftaran secara online. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya antrean panjang, agar pasien yang berobat tak lagi mengeluh

“ Menurut saya diera serba digital ini pihak rumah sakit perlu membuat program website untuk pendaftaran pasien yang ingin berobat ke rumah sakit. Jadi pasien yang ingin berobat di puskesmas dapat terlebih dahulu mendaftar secara online melalui website rumah sakit,” Ungkap anggota DPRD Berau, Ir H Ahmad Rijal.

Pihaknya mencontohkan, program tersebut bisa saja dinamakan sistem informasi kesehatan dan program kesehatan terintegrasi (Sikproket), untuk mempermudah pasien yang ingin berobat di rumah sakit. “ Jadi tidak perlu lama – lama menungggu antrean di depan loket pendaftaran, khususnya pasien yang jauh dari Kota Tanjung Redeb,” terangnya.

Sehingga layanan rumah sakit itu berbasis IT dapat diakses melalui website, untuk mendaftarkan diri secara online. Sehingga pasien yang akan memeriksakan kesehatannya di Puskesmas tidak perlu lagi mengambil nomor antrian dan mengantri lama di rumah sakit.

Dikatakan Rijal, program ini perlu dilahirkan dari kondisi pasien yang harus mengantri guna mendapatkan layanan kesehatan. “Warga cukup menggunakan HP android sudah bisa mengakses untuk mendaftar sebagai pasien. Masyarakat tidak perlu lagi datang pagi-pagi hanya untuk mengambil nomor antri di rumah sakit seperti sekarang, pasien bisa memantau kondisi real nomor antrian di program tersebut. Dan jangan lupa, kalau bisa jadwal praktek dokter-dokter dicantumkan juga, agar masyarakat dapat mengetahui secara online,” jelasnya.

Lebih lanjut politisi Nasdem optimis jika layanan melalui program tersebut akan sangat membantu para pasien, maupun bagi tenaga kesehatan yang bertugas di bagian pendaftaran. “Tidak hanya itu saja, layanan online ini nantinya memiliki manfaat bagi pegawai pelayanan kartu di loket. Petugas tidak terlalu kewalahan dalam mencari rekam medik pasien. Bahkan sebelum pasien datang kartu sudah bisa disiapkan, jadi mereka tidak perlu menunggu terlalu lama mencari kartunya,” tambahnya.

Rijal juga mengungkapkan, bahwa dirinya pernah mendengar bahwa pihak rumah sakit akan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat secara online, tetapi hingga kini belum terealisasi. Oleh sebab itu Rijal menekankan agar pihak rumah sakit segera membuat program pelayanan secara online, agar masyarakat benar – benar merasakan palayanan yang maksimal dari pihak rumah sakit.

” Masyarakat dan IT sudah tidak bisa terpisahkan, contoh kecil pulsa telah menjadi kebutan utama masyatakat terutama di perkotaan. Memberikan kemudahan layanan melalui online akan mempermudah kebutuhan pasien. Oleh sebab itu saya berharap inovasi ini segera direalisasikan oleh pihak rumah sakit, termasuk puskesmas – puskesmas yang kerap kali terjadi antrian pasien,” Harapnya.

Bagikan Ke:

Populer