blog-img
14/12/2018

Dermaga Eks Pasar Sanggam Bisa Segera Dioperasikan

Bangun Banua | Infrastruktur

Tanjung Redeb –

Pelabuhan yang terdapat di eks Pasar Gayam depan Taman Sanggam yang sudah dibongkar telah berubah menjadi dermaga, hanya saja  hingga kini belum dioperasikan, sedangkan Perda retribusinya sudah disahkan. Ini berarti untuk penyelesaian sarana prasarana pendukungnya harus segera, agar bisa juga segera diterapkan retribusinya,” jelas Syalidar saat membacakan pandangan akhir fraksi PAN dalam rapat Paripurna Selasa (12/12) lalu.

Alasan lain mengapa pelabuhan tersebut bisa segera diselesaikan adalah karena saat ini banyak pemilik kapal yang tidak ada tempat bongkar muat dan bertambatnya kapal. Sehingga mereka hanya menggunakan pelabuhan yang ada di Jalan Pulau Derawan, itupun secara bergantian karena keterbatasan tempat bertambatnya.

Memang keberadaan dermaga yang berlokasi di eks Pasar Gayam itu dipastikan tinggal menunggu pengoperasiannya. Tetapi, untuk fasilitasnya masih ada penambahan lagi yakni untuk ruang tunggu kedatangan dan keberangkatan. Bahkan, menurut penuturan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Abdurrahman, beberapa waktu lalu mengatakan jika rencananya, dermaga eks Pasar Gayam tersebut akan dijadikan terminal pusat transportasi sungai di Tanjung Redeb. Jadi semua speedboat yang ada di Sungai Segah dan Kelay akan dipusatkan di sini. Selain untuk kebutuhan masyarakat, dermaga tersebut juga akan dimaksimalkan sebagai dermaga wisata.

“Makanya, dari segi sarana dan prasaranannya secara bertahap akan kami lengkapi semua. Termasuk mengakomodasi pedagang kuliner dan sebagainya. Sehingga aktivitas dermaga juga bisa memberikan pemasukan keuangan daerah,” ungkapnya.

Dishub akan melengkapi terlebih dahulu fasiltas apa saja yang dianggap perlu ditambahkan di dermaga eks Pasar Gayam tersebut. Untuk kemudian dilanjutkan dibuka untuk umum. Kalau untuk pelabuhan ketinting mungkin lokasinya tetap berada di Jalan Pulau Derawan, hanya saja memang nanti di depan Taman Sanggam khusus untuk pelabuhan speedboat.

Bahkan, untuk kuliner yang beroperasi di sekitar kawasan dermaga, kemungkinan akan ditata kembali dan akan diterapkan karcis masuk. Dimana hal ini akan dikoordinasikan dengan Bapenda untuk retribusinya, baik dari parkirnya, yang jualan dan turun naiknya penumpang.

Bagikan Ke:

Populer