blog-img
07/10/2019

Berkontribusi Positif dan Peluang Jadi Penyumbang PAD terbesar

Bangun Banua | Seni dan Budaya

Tanjung Redeb –

Hadir dalam pagelaran pentas seni dan budaya The Other Side Gunta, anggota DPRD Berau, Rahman SE, mengaku sangat mengapresiasi adanya gelaran tersebut. Dikatakannya, selain membantu promosi wisata Berau secara tidak langsung, juga sebagai potensi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan sekaligus perekonomian masyarakat.

“Kontribusi gelaran pentas semacam ini sangat positif. Bahkan, seperti yang kita ketahui kalau pariwisata Berau juga semakin hari semakin berkembang. Dengan begini, secara tidak langsung juga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata, jika kunjungan wisatawan terus bertambah,” jelasnya.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan, dikatakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, jika nantinya pariwisata Berau bisa menjadi penyumbang PAD terbesar disamping batubara dan kelapa sawit. Dicontohkannya daerah di Bali yang bernama Badung, dimana daerah tersebut bisa berkembang pesat hanya dengan sektir pariwisatanya.

“Kabupaten Badung di Bali sampai saat ini merupakan kabupaten penghasil PAD terbesar yakni 7 Triliun hingga 8 Triliun per tahunnya dan masih terus meningkat. Padahal, untuk pemasukan sebanyak itu hanya 1 sektor yang menjadi andalan yakni pariwisata. Kalau Badung bisa, kenapa Berau tidak? Apalagi kita di sini memiliki semuanya, mulai dari kekayaan alam yakni batubaranya, hasil perkebunan kelapa sawit, dan tentunya fasilitas pendukung wisata yang juga sangat lengkap mulai dari transportasi hingga penginapan seperti hotel dan cottage,” bebernya.

Dikatakannya pula, jika Badung bisa go internasional dengan tari Kecak dan pantai Kuta, Berau tentulah juga bisa melakukan hal yang sama. Seni dan budaya Berau yang sangat banyak dengan berbagai jenis tarian, pantai Derawan dan Maratua milik Berau juga bisa dikenal hingga ke mancanegara.

“Tinggal kita koneksikan dan genjot agar posisi wisata di nomor 3 sebagai penghasil PAD Berau bisa jadi nomor 1. Terus tingkatkan seni dan budaya karena bisa jadi sektor andalan di Berau. Acara pentas seni ini juga bisa menjadi start atau awal untuk perkembangan wisata Berau,” pungkasnya. (bangun banua)

Bagikan Ke:

Populer