blog-img
10/09/2019

Anggota Dewan Ikuti Bimtek Setelah Pimpinan Definitif

Bangun Banua | Pemerintahan

Tanjung Redeb - 

Guna peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam pelaksanaan tugas – tugas konstitusional dilembaga DPRD Berau, maka anggota Dewan harus mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek tersebut menyangkut diantaranya tentang pengelolaan keuangan daerah, berdasarkan PP Nomor 12 Tahun 2019, tata cara pelaksanaan atau pertanggungjawaban kegiatan reses, perjalanan dinas dalam kota maupun luar kota, peran penegak hukum dalam rangka pencegahan dan penindakan korupsi di daerah, pengadaan barang dan jasa untuk percepatan pembangunan kesejahteraan di Kabupaten Berau berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2019.

Anggota DPRD Berau, Ir Hj Elita Herlina MM menjelaskan, bahwa untuk sementara waktu anggota Dewan belum bisa melakukan bisa ngikuti Bimtek, karena belum ada dalam jadwal kegiatan, dimungkinkan kegiatan Bimtek itu setelah penetapan ketua definitif. “ Karena belum ada informasi yang pasti kapan seluruh anggota Dewan akan mengikuti Bimtek, kemungkinan besar unsur pimpinan sudah definitif anggota Dewan akan mengikuti Bimtek,” ujarnya

Elita juga mengakui, bahwa pelaksanaan Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota Dewan sangat penting dilakukan, bahkan mendekati akhir jabatan pun Bimtek juga dapat dilaksanakan. “Pasti orang banyak bertanya, kenapa mau mengakhiri masa jabatan tapi mau melakukan Bimtek. Ini perlu kami klarifikasi bahwa pelaksanaan Bimtek ini, tidak terukur akhir jabatan atau pertengahan jabatan, atau awal jabatan,” kata politisi Partai Golkar ini.

Untuk itu, sambung Elita semua anggota Dewan harus memahami persis bagaimana sistem penyusunan yang baik seperti apa? Bagaimana pola yang dipakai untuk penyusunan, mana peraturan yang sesuai ketentuan. Jelasnya.

Karena itu kegiatan Bimtek itu sangat penting bagi anggota Dewan, terutama mengenai penyusunan pertanggungjawaban kegiatan mereka,“ Terutama bagi anggota Dewan yang baru dilantik. Tapi bagi kami, pendidikan itu tidak membatasi umur atau masa bhakti, apalagi masih ada beberapa agenda yang dihadapi ,” katanya. (bangun banua)

Bagikan Ke:

Populer